RESUME 1
A.
Pengertian
Secara konsep, pembelajaran berbasis
komputer adalah bentuk penyajian bahan-bahan pembelajaran dan keahlian atau
keterampilan dalam satuan unit-unit kecil, sehingga mudah dipelajari dan
dipahami oleh siswa. Pembelajaran berbasis komputer merupakan suatu bentuk pembelajaran
yang menempatkan komputer sebagai piranti sistem pembelajaran individual,
dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan sistem komputer yang sengaja
dirancang atau dimanfaatkan oleh guru. Sejalan dengan yang dikemukakan oleh Robert
Heinich, Molenda, dan James D. Russel (1985:226) yang menyatakan bahwa sistem
komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara individual dan langsung kepada
para siswa dengan cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke
dalam sistem komputer, inilah yang disebut dengan pembelajaran berbasis
komputer. Kontrol pembelajaran dalam pembelajaran berbasis komputer sepenuhnya
ada di tangan siswa (student center), karena pembelajaran berbasis komputer
menerapkan pola pembelajaran bermedia, yaitu secara utuh sejak awal hingga
akhir menggunakan piranti sistem komputer (CD interaktif).
B.
Prinsip-prinsip
Dasar Pengembangan
Pembelajaran
berbasis komputer (PBK) memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Berorientasi
pada Tujuan Pembelajaran
Apapun model
pembelajaran berbasis komputer yang dikembangkan, harus berpijak pada tujuan pembelajaran
yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembelajaran berbasis komputer, baik
yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Komputer, GBPM
Pembelajaran Berbasis Komputer, Flowchart
Pembelajaran Berbasis Komputer, dan Storyboard
Pembelajaran Berbasis Komputer, semuanya jelas harus mengacu pada Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditetapkan.
b. Berorientasi
pada Pembelajaran Individual
Dalam
pelaksanaannya, pembelajaran berbasis komputer dilakukan secara individual oleh
masing-masing siswa di laboratorium komputer. Hal ini sangat memberikan
keleluasaan pada siswa untuk menggunakan waktu sesuai dengan kebutuhan dan
kemampuannya.
c. Berorientasi
pada Pembelajaran Mandiri
Dalam
pelaksanaannya, pembelajaran berbasis komputer dilakukan secara mandiri, dimana
guru hanya berperan sebagai fasilitator dan mediator. Semua pengalaman belajar
dikemas dalam program pembelajaran berbasis komputer dan siswa mengerjakannya
secara mandiri di laboratorium komputer, atau bahkan di rumah sekalipun bila
merasa belum puas di sekolah.
d. Berorientasi
pada Pembelajaran Tuntas
Dalam
pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer, semua siswa harus dapat menyelesaikan
semua pengalaman belajar yang dikemas dalam program pembelajaran berbasis
komputer, baik berupa pemahaman materi dan tugas mengerjakan tes atau evaluasi
yang harus diselesaikan dengan benar.
Prinsip dasar pengembangan pembelajaran
berbasis komputer yaitu program yang disampaikan runtun; dari pengenalan
program, judul, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, latihan, dan tes.
C.
Prosedur Merancang
Pembelajaran Berbasis Komputer
Prosedur merancang
pembelajaran berbasis komputer sebagai berikut:
a. Identifikasi
Program : Judul, tujuan, materi, sasaran.
b. Membuat Flowchart
: Sesuai dengan model yang ditentukan.
c. Membuat Storyboard
: Uraian dari flowchart dirinci
setiap frame atau slide.
d. Mengumpulkan
Bahan : Grafis, animasi, video, audio.
e. Pemprograman
: Menggabungkan seluruh bahan (Grafis, animasi, video, audio) dengan
menggunakan software pilihan.
f. Finishing : Uji
coba program dan revisi.
2.
Kedudukan
CAI dalam Computer Management Learning
CAI (Computer Assisted
Instruction) yaitu pembelajaran
yang berbantuan komputer atau as
guide misalnya CD interaktif Matematika, CD interaktif Fisika, dan
sebagainya. Kedudukan CAI dalam Computer Management Learning untuk
mempermudah siswa dalam memahami setiap pembelajaran karena dibantu CD interaktif,
sehingga siswa menjadi cepat dalam memahami dan menguasai konten yang ada dalam
pembelajaran.
3.
Perbedaan Antara
Multimedia, Interaktif, dan Pembelajaran Berbasis Komputer
A. Multimedia
Pemaknaan multimedia bergeser pada aspek
pengintegrasian sistem dan jaringan serta prosedur komunikasi dalam sebuah
perangkat khusus seperti televisi, radio, komputer, dan notebook.
B. Interaktif
Interaktif
berarti hubungan atau keterlibatan siswa dengan guru dan juga dengan materi
pelajaran tersebut.
C. Pembelajaran Berbasis Komputer
Pembelajaran
berbasis komputer merupakan penggunaan komputer untuk membantu menyajikan
materi pembelajaran kepada siswa, memantau kemajuan belajarnya atau memilih
bahan pembelajaran tambahan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa secara
individu.
Sumber Referensi:
1. Handout
Pembelajaran Berbasis Komputer.
2. Rusman.
2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: “Mengembangkan
Profesionalisme Guru Abad 21”. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar