Rabu, 28 September 2016

PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER


RESUME 1

A.    Pengertian
         Secara konsep, pembelajaran berbasis komputer adalah bentuk penyajian bahan-bahan pembelajaran dan keahlian atau keterampilan dalam satuan unit-unit kecil, sehingga mudah dipelajari dan dipahami oleh siswa. Pembelajaran berbasis komputer merupakan suatu bentuk pembelajaran yang menempatkan komputer sebagai piranti sistem pembelajaran individual, dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan sistem komputer yang sengaja dirancang atau dimanfaatkan oleh guru. Sejalan dengan yang dikemukakan oleh Robert Heinich, Molenda, dan James D. Russel (1985:226) yang menyatakan bahwa sistem komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara individual dan langsung kepada para siswa dengan cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem komputer, inilah yang disebut dengan pembelajaran berbasis komputer. Kontrol pembelajaran dalam pembelajaran berbasis komputer sepenuhnya ada di tangan siswa (student center), karena pembelajaran berbasis komputer menerapkan pola pembelajaran bermedia, yaitu secara utuh sejak awal hingga akhir menggunakan piranti sistem komputer (CD interaktif).

B.    Prinsip-prinsip Dasar Pengembangan
          Pembelajaran berbasis komputer (PBK) memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
a.      Berorientasi pada Tujuan Pembelajaran
Apapun model pembelajaran berbasis komputer yang dikembangkan, harus berpijak pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembelajaran berbasis komputer, baik yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Komputer, GBPM Pembelajaran Berbasis Komputer, Flowchart Pembelajaran Berbasis Komputer, dan Storyboard Pembelajaran Berbasis Komputer, semuanya jelas harus mengacu pada Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditetapkan.

b.     Berorientasi pada Pembelajaran Individual
Dalam pelaksanaannya, pembelajaran berbasis komputer dilakukan secara individual oleh masing-masing siswa di laboratorium komputer. Hal ini sangat memberikan keleluasaan pada siswa untuk menggunakan waktu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

c.      Berorientasi pada Pembelajaran Mandiri
Dalam pelaksanaannya, pembelajaran berbasis komputer dilakukan secara mandiri, dimana guru hanya berperan sebagai fasilitator dan mediator. Semua pengalaman belajar dikemas dalam program pembelajaran berbasis komputer dan siswa mengerjakannya secara mandiri di laboratorium komputer, atau bahkan di rumah sekalipun bila merasa belum puas di sekolah.

d.     Berorientasi pada Pembelajaran Tuntas
Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer, semua siswa harus dapat menyelesaikan semua pengalaman belajar yang dikemas dalam program pembelajaran berbasis komputer, baik berupa pemahaman materi dan tugas mengerjakan tes atau evaluasi yang harus diselesaikan dengan benar.

         Prinsip dasar pengembangan pembelajaran berbasis komputer yaitu program yang disampaikan runtun; dari pengenalan program, judul, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, latihan, dan tes.




C.    Prosedur Merancang Pembelajaran Berbasis Komputer
Prosedur merancang pembelajaran berbasis komputer sebagai berikut:
a.      Identifikasi Program : Judul, tujuan, materi, sasaran.
b.     Membuat Flowchart : Sesuai dengan model yang ditentukan.
c.      Membuat Storyboard : Uraian dari flowchart dirinci setiap frame atau slide.
d.     Mengumpulkan Bahan : Grafis, animasi, video, audio.
e.      Pemprograman : Menggabungkan seluruh bahan (Grafis, animasi, video, audio) dengan menggunakan software pilihan.
f.       Finishing : Uji coba program dan revisi.

2.     Kedudukan CAI dalam Computer Management Learning
            CAI (Computer Assisted Instruction) yaitu pembelajaran yang berbantuan komputer  atau as guide misalnya CD interaktif Matematika, CD interaktif Fisika, dan sebagainya. Kedudukan CAI dalam Computer Management Learning untuk mempermudah siswa dalam memahami setiap  pembelajaran karena dibantu CD interaktif, sehingga siswa menjadi cepat dalam memahami dan menguasai konten yang ada dalam pembelajaran.

3.     Perbedaan Antara Multimedia, Interaktif, dan Pembelajaran Berbasis Komputer
A.    Multimedia
Pemaknaan multimedia bergeser pada aspek pengintegrasian sistem dan jaringan serta prosedur komunikasi dalam sebuah perangkat khusus seperti televisi, radio, komputer, dan notebook.

B.    Interaktif
Interaktif berarti hubungan atau keterlibatan siswa dengan guru dan juga dengan materi pelajaran tersebut.

C.    Pembelajaran Berbasis Komputer
Pembelajaran berbasis komputer merupakan penggunaan komputer untuk membantu menyajikan materi pembelajaran kepada siswa, memantau kemajuan belajarnya atau memilih bahan pembelajaran tambahan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa secara individu.


Sumber Referensi:
1.     Handout Pembelajaran Berbasis Komputer.
2.     Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: “Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21”. Bandung: Alfabeta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar